You are here: Home » artikel » Cara Memilih Pisau Cutting Dan Cara Pasang Mata Pisau Mesin Cutting Sticker

Cara Memilih Pisau Cutting Dan Cara Pasang Mata Pisau Mesin Cutting Sticker

September 26, 2017 | Leave a comment(0) Go to comments

Cara Memilih Pisau Cutting Dan Cara Pasang Mata Pisau Mesin Cutting Sticker

Sebagai jasa cetak cutting sticker faktor utama yang harus diperhatikan selain maintenance mesin, software, dan ketahanan mesin cutting sticker adalah perhatikan saat memilih pisau cutting dan cara pasang mata pisau mesin cutting stickernya, dimana pisau cutting sticker ini adalah aktor utama dalam berjalannya suatu mesin cutting sticker. Apa jadinya mesin cutting sticker tanpa ada pisau cuttingnya? benar tidak? Oleh karena itu, perlu diketahui cara memilih pisau cutting sticker secara benar dan jeli.

Pengertian Blade Holder dan Pisau Cutting

  • Blade/pisau cutting : pisau kecil yang dipasang pada mesin cutting sticker untuk memotong bahan sticker
  • Blade holder/holder pisau : tempat untuk meletakan pisau yang hendak dipasang pada mesin cutting sticker.

Jenis-Jenis Pisau Cutting Sticker Yang Harus Diketahui

  1. Pisau Cutting Roland Blade 30º
  2. Pisau Cutting Roland Blade 45°
  3. Pisau Cutting Roland Blade 60°
  4. Pisau Cutting Sihouette Cameo (Rachet Blade dan Automatic Blade)
  5. Pisau Mesin Cutting Sticker Graphtec
  6. Pisau Mesin Cutting Sticker GCC
  7. dll

Ukuran Pisau Cutting Beserta Fungsi Kegunaannya

Secara garis besar ukuran untuk pisau mesin cutting sticker memiliki 3 macam ukuran, yaitu:

  1. Ukuran 30⁰ fungsinya untuk memotong bahan vinyl tipis ( 24-45 micron) dengan font-font besar.
  2. Ukuran 45⁰ fungsinya untuk memotong bahan vinyl dengan ketebalan bahan (80-100 micron) bahan yang agak tebal (contoh reflektive sheet : seicholite, pro lite, x-lite,dll).
  3. Ukuran 60⁰ fungsinya untuk memotong bahan tebal seperti ( sandblast, vinyl reflektif tebal, polyflex/polyflock) atau untuk memotong potongan yang kecil2.

Naah….. mungkin ada beberapa pertanyaan demikian
Mas kalau saya pakai Mata Pisau Cutting yang 45° untuk potong semua bahan apakah bisa?
Tidak masalah, dalam prakteknya mata pisau cutting yang 45º pun bisa dipakai untuk memotong bahan yang tebal, tentu dengan konsekuensi harus menaikkan tekanan (Force) pisau.
Efeknya apa mas kalau saya pakai pisau yang 45º untuk memotong bahan yang tebal?
Efeknya pisau cepat tumpul.

NB: Tapi pada umumnya pisau cutting yang paling sering digunakan antara 45º dan 60º, sangat jarang yang mencari pisau cutting 30º bahkan kalau ditempat kami tidak ada.


Baiklah, setelah mempelajarai bagaimana cara memilih pisau cutting dengan benar, saatnya mengetahui bagaimana cara / proses pemasangan mata pisau cutting pada mesin cutting sticker.

Cara Pasang Mata Pisau Pada Holder Blade Cutting Sticker

  1. Siapkan pisau cutting dengan ukuran sesuai kebutuhan anda
  2. Buka penutup pisau cutting, biasanya warna kuning, merah, atau biru (Warna tersebut yang membedakan derajat pisau cutting).
  3. Ambil holder blade. Buka penutup holder, lalu masukkan pisau cutting sticker ke dalam lubang sampai posisi pas dan benar-benar masuk ke dalam.
  4. Tutup dan putar holder pisau sampai pisaunya muncul di bagian ujung holdernya. Oh yah, setting mata pisau (ujung pisau keluar sedikit saja ±1-3mm), ini berguna agar media/bahan yang dipotong presisi dan tidak menyebabkan bahan terpotong sampai dasar dan pisaunya tidak cepat tumpul. Kalau misalnya bahan yang dicutting terpotong tembus sebisa mungkin menggunakan bahan tambahan seperti CUT MATE, fungsinya selain supaya pisau cutting tidak langsung terkena ke body mesin juga supaya hasil potong tetap sesuai diposisi, dalam artian hasil potong tidak langsung lepas, karena jika langsung lepas kalau sampai terselip di roller atau di horder head bisa mengakibatkan mesin cutting sticker rusak.
  5. Pisau cutting ready …!!!
  6. Buka penjepit yang berada pada tuas, masukkan bahan yang akan dipotong, atur hingga media pas, rata dan lurus. kemudian tuasnya turunkan maka penjepit akan terkunci sehingga tuas tidak bisa bergeser ke kanan dan kekiri.
  7. Finally, proses  pasang pisau cutting selesai… 😊

Okee, itulah hal-hal yang harus anda perhatikan mulai dari memilih pisau cutting sesuai kebutuhan, hingga cara memasang pisau pada mesin cutting sticker. Bagaimana ternyata pasang pisau cutting ada triknya juga loh ???. Baiklah, selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat 😊

Share This Post!

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>