You are here: Home » artikel » 8 Tips Cara Bisnis Cutting Sticker Yang Perlu Diketahui Pemula

8 Tips Cara Bisnis Cutting Sticker Yang Perlu Diketahui Pemula

November 6, 2015 | Leave a comment(0) Go to comments

8 Tips Cara Bisnis Cutting Sticker Yang Perlu Diketahui Pemula8 Tips Cara Bisnis Cutting Sticker Yang Perlu Diketahui Pemula

Saat ini bisnis cutting sticker mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Bisnis ini diyakini sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terutama banyak perusahaan maupun industri yang membutuhkan jasa cutting sticker. Sebagaimana bisnis-bisnis yang lain, bisnis cutting sticker juga membutuhkan modal, keahlian, dan kemampuan mengolah usahanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja investasi yang diperlukan sejak awal memulai usaha. Tujuannya agar Anda dapat melakukan perhitungan modal sekaligus memperhitungkan untung rugi, bahkan target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Jika Anda memang ingin memulai bisnis cutting sticker, berikut ini merupakan hal-hal yang harus dipersiapkan.

1. Memilih mesin cutting sticker berkualitas Mesin cutting sticker merupakan modal utama dalam memulai bisnis ini. Pemilihan mesin cutting sticker akan tergantung pada besar kecilnya modal yang Anda miliki. Untuk yang baru memulai usaha dengan modal kecil, sebaiknya pilih mesin cutting sticker yang dibanderol dengan harga cukup ekonomis, namun juga harus memiliki kualitas yang baik, agar perputaran usaha Anda tetap lancar. Pemilihan mesin cutting sticker akan sangat berpengaruh pada kualitas hasilnya, jadi pastikan Anda memilih mesin yang tepat serta sesuai dengan kemampuan modal tentunya. Perlu diingat, jangan asal membeli mesin yang murah dan bisa cepat rusak. Hal ini bisa membuat pembengkakan di masa mendatang. Beberapa mesin cutting sticker yang cukup murah dan berkualitas salah satunya yaitu mesin cutting sticker JINKA, TENETH atau CAMEO.

2. Memilih komputer dengan spesifikasi yang mendukung untuk desain grafis Komputer juga diperlukan dalam bisnis ini, tepatnya untuk proses desain. Sebaiknya pilihlah komputer yang standart untuk desain grafis. Saat memasuki proses desain, Anda harus menginstal program-program seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe illustrator dll. Ada juga program-program untuk cutting sticker seperti Art Cut dan Casmate yang bisa digunakan.

3. Memilih lokasi usaha yang strategis Dalam pemilihan lokasi usaha, sebaiknya carilah lokasi yang strategis dan ramai dilalui oleh kendaraan bermotor atau mobil. Namun hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ialah pilih lokasi yang masih sepi pesaing untuk bisnis ini. Tentu saja pemilihan lokasi yang strategis akan mempercepat proses pengenalan tempat usaha Anda kepada banyak orang. Kemudian untuk ruang usaha sendiri, tidak perlu terlalu besar. Tetapi pastikan ada ruangan produksi untuk memotong sticker, menyimpan stock bahan, dan juga ruangan untuk customer service.

4. Memyiapkan bahan baku Selain peralatan untuk mencetak, Anda juga harus menyiapkan stok bahan baku yang diperlukan. Bahan baku utama untuk bisnis ini meliputi sticker polos dan sticker berwarna. Beberapa contoh merek sticker yang cukup terkenal antara lain Aslan, Oracal, Kiwalite, 3M, dll. Sebagai stok awal, Anda dapat memulainya dengan menyiapkan sticker dalam meteran terlebih dahulu.

5. Menyiapkan peralatan pendukung lain Peralatan pendukung lain juga perlu untuk dipersiapkan. Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan seperti kamera digital, scanner, printer, mesin digital printing, gunting, selotip transparan, pinset, dan sebagainya. Alat-alat tersebut bisa digunakan sebagai penunjang dalam bekerja serta berkreasi.

6. Menyiapkan gerai display Gerai display juga dibutuhkan dalam bisnis yang satu ini. Anda bisa menyiapkan gerai display di ruang tamu atau ruang tunggu tamu kantor. Terkadang dalam sebuah usaha, Anda dapat menarik konsumen dengan cara memajang sticker jadi yang sedang populer melalui gerai display. Jadi tidak hanya menunggu pesanan saja.

7. Menyiapkan keterampilan Meskipun mungkin Anda telah menguasai bidang desain grafis, namun pasti akan selalu ada hal-hal baru yang dapat dipelajari. Persiapkan diri sendiri untuk belajar, baik untuk memperdalam ilmu desain grafis maupun mempelajari bagaimana cara mengoperasikan software-nya. Selanjutnya, pelajari pula cara-cara penjualan dan pemasaran yang efektif. Pastikan Anda adalah orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya.

8. Mengelola keuangan Sebaik-baiknya bisnis yang dijalankan, jika tidak dibarengi dengan pengelolaan keuangan yang baik, pasti bisnis tersebut tidak dapat bertahan lama. Pelajarilah bagaimana mengelola keuangan dalam sebuah usaha agar bisnis Anda bisa semakin berkembang dan maju. Walaupun persaingan dalam bisnis cutting sticker semakin ketat, namun prospek untuk usaha ini masih bersinar. Pelayanan yang baik, cepat, dan produk yang berkualitas akan menjadi nilai plus bagi Anda dalam merebut perhatian konsumen. Itu sedikit ulasan tentang 8 Tips Cara Bisnis Cutting Sticker Yang Perlu Diketahui Pemula, Semoga bermanfaat. GOOD LUCK!!!

Share This Post!

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>