You are here: Home » artikel » cutting sticker cameo » cutting sticker GCC » cutting sticker graphtec » cutting sticker innograph » cutting sticker jinka » cutting sticker teneth » 10 Jenis Bahan Yang Bisa Dipotong Pakai Mesin Cutting sticker

10 Jenis Bahan Yang Bisa Dipotong Pakai Mesin Cutting sticker

May 19, 2018 |

10  Jenis Bahan Yang Bisa Dipotong Pakai Mesin Cutting sticker

“ Kalau menggunakan mesin cutting sticker , bahan yang bisa dipotong apa saja yah ? “ . Menanggapi hal tersebut, perlu anda ketahui jika mesin cutting sticker tidak hanya bisa memotong pada bahan kertas saja ( jika kebutuhan untuk bikin sticker label makanan ) atau tidak hanya untuk memotong bahan polyflex / polyflock ( jika kebutuhan  untuk sablon kaos / sablon jersey bola ) .

Tetapi berbagai jenis bahan bisa dipotong. Tentunya ini menguntungkan bagi pengguna, anda bisa membuat beberapa kreasi dengan bahan yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenis bahan yang sering orang gunakan dengan menggunakan alat cutting sticker , inilah sebagai berikut :

 

1. Polyflex / Polyflock

Jenis bahan ini snagat banyak sekali, terdiri dari PU dan PVC. Masing-maisng tentunya memiliki keberagaman ada yang  bisa menyala dikegelapan ( glow in the dark ) , 3D, foam, bludru, glitter  dan banyak lagi yang lainya. Bahan ini sering digunakan untuk keperluan garment seperti sablon ( kaos, jersey, totebag, topi dll ). Texturenya yang tipis, kuat memiliki daya rekat tinggi menjadikannya bahan polyflex / polyflock banyak diminati jasa sablon kaos custom.

2. Scotlite

Hampir mirip dnegan polyflex / polyflock. Produk asli dari negara Taiwan ini banyak disukai oleh jasa cutting sticker kendaraan. Bahan scotlite ini bisa memantulkan cahaya dan tipis teksturenya. .Namun rentan terkelupas, jadi harus hati-hati saat menempelkannya . Tapi Scotchlite ini memiliki daya rekatnya lebih bagus dari pada yang lainnya.

3. Vinyl

Jenis bahan ini sering digunakan untuk diluar ruangan , texture yang super tipis seperti platisk dan tidak mudah sobek / tidak bisa disobek sehingga bahan ini akan tahan lama, dan tahan air

4. Oracal

Bahan ini sering digunakan untuk kendaraan karena bahannya yang mudah dipasang, lentur, dan jika terkena cahaya maka tidak akan memantul dan warna tidak berubah.

5. Cardstock

Bahan ini berupa kertas yang memiliki permukaan halus, tipis , sedikit tebal dari kertas kartoon. Biasanya kertas ini bagus digunakan untuk membuat kerajinan papercraft seperti kartu ucapan, hiasan dinding dan yang lainnya.

6. Briefcard /BC

Kertas Briefcard memiliki ketebalan 160 samapi 220 Gsm. Bagi kamu yang sudah mahir dan expert dalam membuat papercraft, kamu pasti tidak akan kesulitan membuat objek dengan kertasini.

7. Kertas HVS

Kertas ini bertekstur halus, putih, terkadang juga memiliki pilihan warna (Pink, biru kuning), serta tipis dengan ketebalan mulai 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm dan 100 gsm. Kertas ini termasuk kertas yang umum digunakan perkantoran dan sekolah sebagai Laporan kerja, tugas sekolah, makalah, dan yang lainnya.

8. Kertas Karton BW

Jenis kertas ini bertekstur halus, dengan ketebalan 240 gsm. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan lainnya.

9. Kertas Bufallo

Kertas ini halus, sedikit licin,  Kertas ini sedikit terbal  dan sering  digunakan untuk cover jilid, dan beberapa untuk map serta kartu iuran. Kertas ini juga memiliki banyak varian warna.

10. Kertas Origami

jenis kertas yang berasal dari negara Jepang dan sering dijadikan untuk seni melipat membentuk karakter ini, juga bisa digunakan untuk seni paper cutting, karena ketersediaan warna kertas origami banyak dan juga tidak hanya kertas origami polos saja, ada juga kertas origami yang bermotif.

Bagiamana ? Hanya dengan menggunakan satu mesin cutting sticker, anda sudah bisa menggunakannya untuk beberapa kreasi, ini sangat menarik. Tentunya tidak hanya itu saja, maish banyak lagi jenis bahan sticker yang digunakan untuk beberapa kerajinan, tetapi yang paling sering orang gunakan yakni 10 jenis bahan sticker tersebut. Terimakasih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca ♥

Share This Post!

Comments are closed.